Minggu, 03 November 2013

Kertas Terbang

KertasPermainan sains keenam akan membahas tentang udara. Sahabat Viewers sudah siap? Pertama kita akan mencoba mencari tahu bagaimana sebuah pesawat terbang dapat terangkat naik. Tapi kita akan mengaplikasikannya dalam contoh yang sederhana, tidak bermain dengan pesawat yang asli.

Untuk melakukan eksperimen prinsip dasar gaya angkat pada pesawat, kamu membutuhkan selembar kertas tipis dan dua buah buku yang cukup tebal untuk landasan. Yang harus kamu lakukan adalah meletakkan kertas di depan bibirmu, kemudian tiuplah bagian atas lembaran kertas tipis itu dengan kuat. Lihatlah, kertas akan terangkat! Apa yang terjadi? Mengapa kertas dapat terangkat padahal kamu tidak memberikan gaya pada bagian bawah kertas?
Kertas dapat terangkat ke atas karena aliran udara di atas lembaran kertas berkecepatan lebih tinggi daripada aliran udara yang berada di bawahnya. Hal ini mengakibatkan tekanan udara di bagian atas kertas mengecil, sehingga tekanan udara di bagian bawah yang lebih besar dapat mengangkat lembaran kertas. Peristiwa ini digunakan untuk mengangkat badan pesawat dalam dunia penerbangan. Sebuah prinsip yang sederhana bukan?

0 komentar:

Posting Komentar